sign in
Forgot Passsword? Click here
Don’t have an account yet?

Biaya Pasang Wifi

Biaya Pasang Wifi

Saat ini pasang WiFi lebih dipilih dari pada menggunakan paketan internet. Memang jika dibandingkan maka antara  internet GSM atau CDMA dengan WiFi, bisa mencapai 300% pemakainnya per bulannya. Apalagi bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di rumah, atau berkerja di rumah dengan membutuhkan koneksi internet, tentunya pengeluaran untuk membeli paketan bisa mencapai puluhan ribu bahkan jutaan.

Nah, keuntungan lain jika memasang WiFi di rumah, koneksi internet tak hanya bisa diakses untuk satu orang saja, namun bisa digunakan untuk anggota keluarga lainnya. Bahkan jika jangkauannya luas, tetangga Anda juga bisa menggunakannya bukan? Sehingga mampu menghemat pengeluaran untuk biaya koneksi internet.

Dengan keuntungan tadi, maka jangan heran jika akan sering muncul pertanyaan biaya pasang dan langganan WiFi di rumah? Berapa biaya yang dibutuhkan per bulannya untuk menikmati koneksi internet di rumah? Coba bandingkan, jika Anda menggunakan paketan internet GSM atau CDMA maka per minggunya membutuhkan uang Rp. 250.000 , maka per bulannya bisa mencapai Rp. 1.000.000.

Setelah dipikir-pikir tentunya sangat boros sekali bukan, apalagi jika penghasilan Anda tak mencapai nominal tersebut. Maka akan jauh lebih murah jika Anda memasang WiFi saja.

Memang dewasa ini, kebutuhan akan koneksi internet menjadi sebuah hal yang mutlak, sebab kegunaannya selain untuk berkomunikasi dengan banyak orang, juga memudahkan pekerjaan. Perhatikan saja di era sekarang ini, kebanyakan pekerjaan pasti mengharuskan menggunakan koneksi internet, baik urusan kantor, sekolah, kuliah atau pekerjaan lainnya.

Sebenarnya jika ditanya berapa biaya pasang jaringan WiFi, maka jawabannya tak pasti. Sebab pemasangan WiFi tergantung dengan lokasi, pekerja, jenis WiFi, serta paket internet yang akan Anda gunakan. Nah, sebagai informasi tentang berapa biaya pasang dan langganan WiFi di rumah, maka sebagai informasi perkiraan biaya yang Anda butuhkan yakni:

  • Biasanya biaya pasang WiFi dan pengajuannya sekitar Rp. 75.000 + PPN 10%, sehingga menjadi Rp. 82.500. Biaya ini berlaku setelah pemakaian di bulan pertama. Namun jika di sekitar rumah Anda telah terdapat Line telepon, maka biaya pengajuan ini tidak akan dikenakan.
  • Sedangkan biaya untuk setting modem WiFi biasanya sebesar Rp. 50.000

Seperti yang telah dijelaskan, biaya pasang hotspot WiFi rumah tersebut hanya perkiraan, sebab di setiap lokasi bisa berbeda. Meski demikian, jika disimpulkan maka biaya untuk pemasangannya memang tak mahal, sehingga Anda bisa lebih irit pengeluarannya untuk koneksi internet setiap bulannya.

Selain biaya yang dibutuhkan tersebut, akan ada juga tambahan biaya untuk paket internet lainnya. Sekadar informasi, biaya pasang dan langganan WiFi di rumah yakni berkisar:

  • Untuk speedy 512kbps

Jika Anda ingin memasang WiFi dengan kekuatan 512kbps  dan jenis unlimited, maka Biasanya membutuhkan tarif Rp. 125.000 per bulan

  • Untuk speedy 1Mbps

Bulannya sekitar Rp. 265.000

  • Untuk speedy 2Mbps

Sedangkan untuk jenis kuota unlimited dengan kecepatan 2Mbps, maka biaya berlanggan yang dikenakan sekitar Rp. 480.000

Dengan biaya pasang WiFi yang murah, lalu apa manfaat dari pasang WiFi di rumah? Jika Anda lebih memilih menggunakan WiFi dari pada paket internet Smartphone, maka setidaknya Anda bisa berhemat, pengeluarannya bisa lebih sedikit.

Bayangkan saja, jika harga paketan internet per minggunya Rp. 100.000, maka per bulan mencapai Rp. 400.000. ini hanya untuk satu orang, jika di rumah Anda terdapat 4 orang, maka Rp. 400.000 x 4 = Rp. 1.600.000 per bulannya. Sangat boros bukan?

Nah, jika menggunakan WiFi dengan jenis kuota unlimited, maka akan sangat murah, jika Anda memilih dengan kecepatan yang besar sekalipun seperti 2Mbps, hanya membutuhkan pengeluaran Rp. 480.00 saja. Tentunya lebih irit bukan?

Dengan perbandingannya yang sangat tinggi antara WiFi dan paket internet Smartphone, tak heran jika sekarang ini di setiap rumah sudah menggunakan WiFi. Sebab penggunaannya lebih efisien serta lebih hemat. Bagaimana tidak, hanya dengan 1 WiFi saja, bisa digunakan untuk berbagai perangkat seperti laptop, Smartphone serta perangkat lainnya, bahkan bukan hanya untuk 1 orang namun untuk semua orang di rumah.

Dengan manfaat yang besar tersebut, lalu bagaimana cara pasang WiFi di rumah? Secara umum terdapat beberapa sambungan internet yang bisa digunakan, misalnya modem USB dan Mifi atau Modem WiFi. Nah cara pemasangan dari kedua jenis sambungan internet tersebut yaitu:

  1. Jika Menggunakan Router USB

Jika Anda akan menggunakan sambungan internet jenis router USB, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung kinerja USB yakni:

  • Pertama, Anda harus membeli router yang bisa mendukung mode USB. Agar harganya lebih murah maka Anda bisa menggunakan router USB. Model router USB juga bermacam-macam, diantarnya TP LINK MR3420, PT LINK MR3020. Pilihlah salah satu, dan sebagai saran Anda bisa memilih TP LINK MR3020, sebab harganya lebih murah
  • Selanjutnya siapkan kartu SIM yang sesuai dengan jenis modem yang digunakan, yakni CDMA atau GSM. Perhatikan dalam pemilihan, sebab jika salah maka sambungan internet tidak bisa berjalan
  • Modem USB, ini tentunya hal terpenting yang perlu Anda siapkan. Untuk jenis modemnya bisa sesuai keinginan, baik CDMA maupun GSM.
  • Selanjutnya, Anda juga harus menyiapkan kartu sim, pilih provider yang Anda inginkan. Namun sebelum dipasangkan ke dalam modem maka didaftarkan ke paket internet terlebih dahulu agar router tersambung ke internet.
  • Setelah semua perlengkapan disiapkan, langkah pertama adalah dengan memasukan modem USB.
  • Kemudian colokkan modem USB ke port USB yang terdapat di Router, lalu colokkan router ke stop kontak listrik serta nyalakan routernya
  • Setelah di colokan maka signal WiFi sudah bisa digunakan.
  1. Jika menggunakan MiFi atau modem WiFi

Jenis WiFi ini yang paling banyak digunakan, sebab terbukti hasilnya lebih bagus. Nah, cara pemasangannya yakni:

  • Membeli MiFi terlebih dahulu, misalnya jenis Smartfren Andromax M2y, M2p atau jenis lainnya, untuk harganya biayanya sekitar Rp. 300.000. atau Anda bisa memilih jenis lainnya, dan harganya tergantung tipe dan merek yang dipilih.
  • Jika Anda menggunakan jenis MiFi non bunding maka perlu menyiapkan kartu, sedangkan untuk MiFi bunding sudah terdapat SIM baka telah disertai dengan bonus kuota internet di dalamnya.
  • Kemudian colokan MiFi ke stop kontak, dan tekan tombol On/Of
  • Tunggu beberapa saat, maka signal MiFi siap digunakan

Meski banyak manfaat yang didapatkan dari pemasangan WiFi, namun nyatanya masih banyak orang yang bingung dan ragu untuk memasangnya. Alasannya biaya pasang dan langganan WiFi mahal, prosesnya lama, tidak tahu cara memesannya, tidak tahu cara menggunakannya, dan masih banyak lainnya.

Padahal dalam hal biaya, WiFi lebih murah dibandingkan dengan paketan internet, dan cara pemasangannya pun sebenarnya sangat mudah, yakni hanya langsung pergi ke kantor Speedy yang ada di kota Anda saja.

Dengan demikian, jika Anda berniat memasang WiFi, maka layanan internet Speedy tentunya akan menyediakan berbagai paket yang bisa Anda pilih. Misalnya biaya pemasangan, biaya berlangganan per bulan, servis cara pemakaian, serta berbagai informasi lainnya. So, dengan berbagai penjelasan yang telah disampaikan ini, tentunya Anda tak perlu ragu atau bimbang untuk memasang WiFi ya.

Telah Menangani Berbagai Macam Projek
Perusahaan Nasional Maupun Internasional
WhatsApp WhatsApp us